Minggu, 07 April 2013

Apa Itu Dosa?


Jika dikatakan Saudara adalah manusia yang berdosa, sering sekali Saudara langsung marah, Saudara tidak suka, Jengkel, dan membenci orang yang mengatakannya. Mungkin Saudara akan berkata: "Engkau sembarangan mengatakan saya orang berdosa. Saya tidak pernah masuk penjara, saya bukan narapidana, saya tidak di Nusakambangan. Saya tidak pernah membunuh orang, dan saya juga tidak pernah mencuri atau menipu uang orang lain. Saya sudah melakukan kehidupan dengan sejujur mungkin. Bagaimana engkau bisa menuduh saya orang berdosa?"
Apakah hanya orang yang berada di Nusakambangan atau penjara adalah orang berdosa, sementara orang yang di luar penjara adalah orang yang tidak berdosa?Tidak! Hati nurani saudara sudah membuktikan dan memberi tahu bahwa saudara sering berbuat salah. Hati nurani saya juga sudah menuding bahwa saya suka menyeleweng dari kebenaran. Pikiran kita kurang sesuai dengan Firman dan kebenaran Tuhan, emosi kita kurang sesuai dengan cinta kasih Tuhan. Itulah dosa! Dosa tidak perlu sampai kita jadi pembunuh, dosa cukup dengan kita menjadi congkak, mengangap diri kita lebih baik, dan menghina orang lain dan kurang menghiraukan kebutuhan sesama manusia. Semua itu juga adalah dosa.

(diambil dari buku "Yesus Kristus Juruselamat Dunia" - Pdt. Dr. Stephen Tong)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar